Cara Bijak Memilih Sekolah Untuk Anak

Artikel Komentar Dinonaktifkan pada Cara Bijak Memilih Sekolah Untuk Anak

internet-sehatProf. Prof. Dr. Soegeng Santoso, MP, Guru Besar Tetap di Universitas Negeri Jakarta yang sekaligus pakar pendidikan dasar, sebagaimana ditulis kidnesia, mengatakan, bahwa “Orangtua boleh saja memilih sekolah untuk anak-anaknya, tapi jangan sampai memaksa anak untuk masuk ke sekolah tertentu atas kemauan orang tua semata.”

Pernyataan di atas sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua dalam menentukan pilihan Sekolah Dasar yang akan menjadi tempat anaknya belajar. Semua orang tua tentunya ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Sekolah unggulan dan sekolah pavorite biasanya akan selalu menjadi perhatian orang tua untuk menjadikan pilihan utama memasukan anaknya ke sekolah tersebut. Meskipun hal itu bukanlah kriteria utama, namun gambaran sekolah yang dicari dengan label “unggulan” dan “pavorite” selalu jadi pilihan.

Menurut Prof. Dr. Soegeng Santoso, MP, bahwa Sekolah Dsar (SD) yang unggul itu memiliki berbagai kriteria. Di antaranya guru yang berkepribadian matang, perpustakaan, laboratorium dan lingkungan yang kondusif. Selain itu, metode pengajaran dan materi pembelajaran yang lengkap. Dan yang penting lagi adalah memperhatikan berbagai tingkat kecerdasan anak.

Kalaupun orang tua sudah menemukan sekolah dengan kriteria diatas, dan sangat berkeinginan menyekolahkan anaknya disana, tiga hal berikut ini, mudah-muadan menjadi cara bijak dalam memilihkan Sekolah Dasar untuk anak, yaitu :

Pertama, pastikan sekolah yang akan menjadi tempat anak anda belajar memang layak untuk dipilih. Cari informasi, bertanya, dan survey lapangan)

Kedua, cobalah berinteraksi dengan dua atau tiga guru yang ada di sekolah tersebut, untuk mendapatkan gambaran yang bisa meyakinkan anda, bagaimana mereka mendidik anak anda nantinya.

Ketiga, jika pilihan sudah bulat, maka ajaklah anak anda untuk mengunjungi sekolah tersebut dan sering-seringlah berkunjung agar keinginan anda sama dengan keinginan anak untuk bersekolah di tempat yang anda pilihkan tersebut. Meskipun anda sangat berkeinginan tetapi anak anda pun tetap mempunyai pilihan. Dengan cara ini ia bisa melihat sendiri sekolah yang akan menjadi tempatnya belajar dan mengisi hari-harinya. Dan anda pun bisa melakukan cara untuk membuatnya senang dengan pilihan yang anda berikan.

Dengan demikian, meskipun orang tua berkeinginan untuk memberikan yang terbaik bagi pendidikan anak, namun anak tidak merasa dipaksa untuk menuruti keinginan orang tua semata.